blogkombecks
Sedang memuat...

Kini Hadir Ojesy Ojek Syariah Khusus Wanita


Indonesia saat ini tengah dibanjiri layanan angkutan baik barang maupun orang yang berbasis online. Sebelumnya muncul GO-Jek, GrabBike, dan GO-Box (barang), kini muncul lagi layanan ojek bernama Ojesy. Ojesy adalah layanan ojek yang dikhususkan untuk wanita musim. Oleh karena itu, pengendara Ojesy juga adalah seorang wanita yang berpakaian syariah.

“Ojesy menjembatani penumpang wanita. Ojesy dibutuhkan kaum wanita yang hanya mau dikemudi oleh sesama wanita. Diantara mereka ada yang ingin pergi ke kantor, pasar, antar anak sekolah, atau menghadiri kajian keislaman. Ojesy bukan semata bisnis dan meraih keuntungan, tapi dalam rangka saling tolong menolong,” jelas Agus Edi S,  Bisnis Development Ojesy.

Bermula dari Surabaya, Ojesy mulai mengembangkan sayapnya, hingga Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Agustus lalu, Ojesy baru saja diluncurkan Ojesy perwakilan Depok. Tarif yang dipatok Ojesy adalah Rp.5000 untuk kilometer pertama, selanjutnya Rp.3000 per kilometer. Di Surabaya,  setiap hari pengendara bisa mendapat 5-7 orderan.

Lebih murah dari layanan ojek sejenis. GrabBike mematok tarif sekitar Rp 4.000 per kilometer (jika tanpa promo), sementara Go-Jek masih memberlakukan tarif Rp 15.000 (maksimal 25 kilometer).  

Menurut Agus, saat ini Ojesy memang tengah melebarkan layanannya hingga ke Jadebotabek. Disetiap wilayah akan ada mitra daerah yang akan mengkoordinir pengendara, seperti misalnya di wilayah Depok dikoordinir oleh Ibu Utara.

Selain itu, saat ini pengendara untuk Depok masih dibatasi hanya 50 orang saja, dimasa mendatang akan ditambah jika permintaan semakin banyak mengatakan, Ojesy melebarkan layanannya hingga Jadebotabek. "Di Depok, yang mendaftar ada 60, namun sementara dibatasi 50 Sahabat Pengendara,” kata Agus.

Alasan pembatasa anggota ini menurut Agus adalah agar pendapatan pengendara bisa merata. Saat ini jumlah anggota Ojesy disetiap wilayah berbeda-beda, tergantung pada potensi pelanggan. Jakarta (62 anggota), Depok (50), Surabaya (70), dan Malang (20).

Setoran ke purusahaan memang sedikit lebih besar dibanding layanan ojek berbasis online lainnya. Di Ojesy pengendara akan mendapat 70 persen dan perusahaan 30 persen.

Tertarik jadi pengendara? untuk menjadi pengendara Ojesy, Anda harus melengkapi berkas yang ada seperti SIM C, STNK, KTP, Kartu Keluarga (KK), Pajak Motor, pengecekan kendaraan, serta penandantangan kerjasama antara mitra daerah dengan sahabat pengendara.

Selain dokumen, kata Agus, syarat lainnya yang harus dipenuhi oleh pengendara adalah harus mendapat izin suami. Bagi yang tak punya suami atau single parent, harus mendapat izin orang tua atau saudara mereka.

Ketika disinggung apakah layanannya akan menimbulkan konflik dengan ojek pangkalan, Agus optimis tidak akan ada konflik karena Ojesy pesanannya by request melalui telepon, SMS, WhatsApp atau BBM.

Sebenarnya semua layanan ojek berbasis online menggunakan pesanan by request, namun tetap saja memicu konflik. Satu-satunya yang membuat Ojesy bisa aman dari ancaman kekerasaan ojek pangkalan adalah pengendaranya yang wanita.
Internet 6330308876117029896

Beranda item

ADS

Artikel Terbaru

ADS

Mau Hosting Gratis?
Kapasitas besar, bisa PHP, Lengkap dengan cpanel, auto installer dengan CMS Favorit?
Hosting gratis tanpa iklan !!!

Ikuti Lewat Email

Ads

Mau Hosting Gratis?
Kapasitas besar, bisa PHP, Lengkap dengan cpanel, auto installer dengan CMS Favorit?
Hosting gratis tanpa iklan !!!